Selasa, 02 September 2014

Sains dan Sufisme



Oleh Peter Russell (Ilmuwan dan Matematikawan)

“Pada abad kedua belas, Ibn al Arabi, salah satu mistikus sufi yang paling dihormati, menulis: Jika engkau mengenali diri engkau sendiri, Engkau akan mengetahui Tuhan”

Kesadaran Sebagai Tuhan

Bagi banyak orang, pernyataan “Saya adalah Tuhan” pasti akan banyak menuai penghujatan. Tuhan, menurut agama konvensional, adalah “dewa tertinggi”, pencipta, maha tahu, Mahakuasa yang kekal. Bagaimana bisa ada klaim dari seorang manusia yang menyatakan bahwa dia adalah Tuhan? Ketika pendeta Kristen abad keempat belas dan mistikus Meister Eckhart berkhotbah bahwa “Tuhan dan aku adalah Satu” dia dibawa ke hadapan Paus Yohanes XXII dan dipaksa untuk “menarik semua pernyataannya dan menyatakan bahwa ia telah salah mengajar.” Yang lain mengalami nasib yang lebih buruk. Begitu pun mistikus Islam abad kesepuluh, Manshur al Hallaj dibunuh karena ia mengklaim bahwa dirinya adalah satu identitas dengan Tuhan.

Namun ketika para mistikus mengatakan “Aku adalah Tuhan,” atau kata-kata yang serupa, mereka tidak berbicara tentang seorang individu. Eksplorasi batin mereka telah mampu mengungkapkan sifat sebenarnya dari diri, dan inilah yang mereka identifikasikan dengan Tuhan. Mereka mengklaim bahwa esensi dari diri, rasa “Aku” tanpa atribut pribadi, adalah Tuhan. Ilmuwan kontemporer dan mistikus Thomas Merton telah menyatakannya dengan sangat jelas: Jika saya menembus ke kedalaman keberadaan dan realitas saya sendiri saat ini, Aku adalah sesuatu yang tak dapat dijelaskan di akarnya yang terdalam, maka melalui pusat kedalaman, saya masuk ke dalam diri saya yang tak terbatas yang saya katakan sebagai Yang Mahakuasa. “Aku Adalah” adalah salah satu nama Tuhan Ibrani, Yahweh. Berasal dari bahasa Ibrani YHWH, nama Tuhan yang tak terkatakan, yang sering diterjemahkan sebagai “AKU Adalah AKU.”

Klaim serupa muncul dalam tradisi Timur. Sosok bijak besar India Sri Ramana Maharshi mengatakan: “Aku” adalah nama Tuhan … Tuhan tidak lain adalah Diri. Pada abad kedua belas, Ibn-Al-Arabi, salah satu mistikus sufi yang paling dihormati, menulis: Jika engkau mengenali diri engkau sendiri, Engkau akan mengetahui Tuhan. Shankara, Santo India abad delapan, yang wawasannya mempengaruhi ajaran Hindu, mengatakan tentang pencerahannya sendiri: Saya adalah Brahman, saya berada di semua makhluk sebagai jiwa, kesadaran murni, dan dasar dari semua fenomena. Pada hari-hari ketidaktahuan saya, saya dulu berpikir ini sebagai terpisah dari diriku sendiri. Sekarang saya tahu bahwa saya adalah Semua. Semua ini menyoroti penafsiran baru pada salah satu perintah Alkitab “Diamlah dan ketahuilah, bahwa Akulah Tuhan.” Saya tidak percaya bahwa itu berarti: “Hentikan keraguan dan akui bahwa yang berbicara kepada Anda adalah Tuhan Maha Kuasa dari semua ciptaan.” Ini jauh lebih masuk akal sebagai dorongan untuk menenangkan pikiran, dan mengetahui, bukan sebagai pemahaman intelektual tetapi sebagai realisasi langsung, bahwa “Aku” adalah esensi dari diri Anda, Satu kesadaran murni yang ada di balik semua pengalaman, yang adalah Tuhan.

Konsep tentang Tuhan ini bukanlah sesuatu berada yang di atas yang terpisah, yang berada di langit, yang memperhatikan setiap tingkah laku manusia dan mencintai atau menghakimi kita menurut perbuatan kita. Tuhan ada di dalam diri masing-masing dan setiap dari kita, aspek yang paling intim dan tak terbantahkan dari diri kita sendiri. Tuhan adalah cahaya kesadaran yang bersinar dalam pikiran setiap makhluk.

Aku adalah Kebenaran

Mengidentifikasi Tuhan dengan cahaya kesadaran membawa arti baru dan signifikan terhadap gambaran tradisional tentang Tuhan. Apapun yang terjadi di pikiran saya, apa pun yang saya mungkin pikir, percaya, rasakan atau alami, satu hal yang saya tidak bisa ragukan adalah kesadaran. Kesadaran adalah absolut, kebenaran yang tak terbantahkan. Jika kesadaran itu adalah Tuhan, maka Tuhan adalah kebenaran. Hal yang sama berlaku untuk orang lain. Satu-satunya hal yang saya tidak ragukan tentang Anda adalah bahwa Anda adalah kesadaran dan memiliki dunia interior pengalaman Anda sendiri. Saya bisa meragukan bentuk-fisik Anda, fisika modern memberitahu saya bahwa tidak ada yang benar-benar ada secara materi, tidak ada hal sungguh ada secara material. Semua yang saya lihat dari Anda adalah proyeksi dalam pikiran saya. Saya bisa meragukan apa yang Anda katakan. Saya bisa meragukan pikiran dan perasaan Anda. Tapi saya tidak meragukan bahwa “di dalam sana” ada kesadaran lain seperti diri saya.

Seperti Tuhan, kesadaran ada di mana-mana. Apapun pengalaman kita, kesadaran selalu ada di sana. Ia adalah kekal, abadi. Tuhan adalah Maha Tahu, semua-pengetahuan. Demikian juga, kesadaran adalah inti dan sumber dari semua pengetahuan kita. Di situ terletak semua pemahaman. Tuhan adalah pencipta. Segala sesuatu di dunia kita, segala sesuatu yang kita lihat, dengar, rasa, bau, dan sentuh, setiap pikiran, perasaan, fantasi, pernyataan, harapan, dan ketakutan, itu semua adalah bentuk-bentuk yang berasal dari kesadaran. Semuanya diciptakan dalam kesadaran dari kesadaran. Aku, cahaya kesadaran, adalah sang pencipta.

Doa

Dalam setiap saat saya memiliki pilihan bagaimana saya melihat setiap situasi. Saya bisa melihatnya melalui mata yang terjebak dalam pola pikir materialis yang selalu mengkhawatirkan apakah saya akan mendapatkan apa yang saya pikir akan membuat saya bahagia. Atau, saya bisa memilih untuk melihatnya melalui mata kebebasan terhadap konsep yang berasal dari sistem pemikiran saya. Tetapi tidak selalu mudah untuk membuat pilihan tersebut. Sekali saya terperangkap oleh persepsi rasa takut, sehingga saya menjadi kurang menyadari bahwa ada cara lain untuk melihat sesuatu. Saya akan berpikir bahwa realitas saya adalah satu-satunya realitas.

Kadang-kadang, bagaimanapun, saya mengakui mungkin ada cara lain untuk melihat hal-hal, tapi saya tidak mengetahui apa itu. Saya tidak bisa membuat perubahan itu sendiri, saya membutuhkan bantuan. Tapi ke manakah saya harus mencari bantuan? Banyak orang lain juga mungkin telah terperangkap dalam pola pikir yang sama seperti saya. Tempat untuk mencari bantuan sesungguhnya adalah jauh di dalam lubuk hati kita, pada kesadaran yang terletak di luar pola pikir materialistis-pada Tuhan yang ada di dalam diri. Saya harus meminta Tuhan untuk membantu. Saya harus berdoa.

Ketika saya berdoa dengan cara ini, saya tidak meminta campur tangan Tuhan yang eksternal. Saya berdoa ke hadirat ilahi di dalam, ke diri sejati saya. Selain itu, saya tidak berdoa untuk dunia yang akan berbeda dari sekarang. Saya berdoa untuk memiliki persepsi yang berbeda terhadap dunia. Saya meminta intervensi ilahi pada hal yang benar-benar penting dalam pola pikir yang mengatur pemikiran saya. Hasilnya tidak pernah berhenti untuk mengesankan saya. Selalu, saya menemukan ketakutan dan penilaian saya sebelumnya menjadi hilang. Di kondisi tersebut yang ada hanyalah rasa nyaman. Siapa pun atau apa pun yang mengganggu saya, sekarang saya mampu melihatnya melalui mata yang lebih mencintai dan berbelas kasih.

Tuhan adalah Cinta

Cinta adalah kualitas batin lain yang sering dianggap berasal dari Tuhan. Cinta ini sering disalahartikan dengan apa yang umumnya dianggap sebagai cinta di dunia kita, yang lebih sering daripada tidak, memiliki asal-usul dalam pola pikir materialis yang sama yang hadir dalam kehidupan kita. Kita percaya bahwa jika orang lain berpikir atau berperilaku seperti yang kita inginkan, kita akan bahagia. Ketika mereka tidak melakukannya, kita mungkin menemukan diri kita merasa kecewa, marah, frustrasi, atau emosi karena merasa kurang dicintai. Ketika kita bertemu dengan seseorang yang kita pikir akan memuaskan keinginan kita, yaitu yang cocok dengan gambaran kita tentang seseorang yang sempurna, hati kita akan dipenuhi dengan perasaan cinta terhadap mereka. Kita mengatakan bahwa kita mencintai mereka.

Cinta tersebut sesungguhnya adalah bersyarat. Kita mencintai seseorang untuk tampilan mereka, cara mereka, kecerdasan mereka, tubuh mereka, bakat mereka, bau mereka, pakaian mereka, kebiasaan mereka, kepercayaan mereka dan nilai-nilai lain. Kita mencintai seseorang yang kita rasakan adalah khusus; seseorang yang sesuai harapan kita, seseorang yang akan memenuhi kebutuhan kita lebih dalam, seseorang yang akan membuat hidup kita lengkap. Cinta tersebut juga rapuh. Jika orang lain tersebut menjadi gemuk, atau kemudian memiliki beberapa kebiasaan yang mengganggu, atau tidak peduli pada kita sebagaimana kita pikir mereka seharusnya, penilaian kita bisa meloncat dari positif ke negatif, dan cinta itu akan lenyap secepat datangnya.

Cinta yang dibicarakan para mistikus adalah bentuk yang sangat berbeda dari cinta biasa. Ini adalah cinta tanpa syarat, cinta yang tidak tergantung pada atribut atau tindakan orang lain. Hal ini tidak didasarkan pada keinginan, kebutuhan, harapan, ketakutan kita atau manifestasi lain dari konsep pikiran ego. Cinta tanpa syarat adalah cinta yang muncul ketika pikiran telah ditenangkan, dan kita telah terbebas dari rasa takut, evaluasi dan penilaian. Seperti kedamaian yang selalu kita cari, cinta tanpa syarat ini selalu ada di inti diri kita. Ini bukanlah sesuatu yang kita harus ciptakan, ini merupakan bagian dari esensi batin kita. Kesadaran murni yang tidak dikondisikan oleh kebutuhan dan hanya berfokus pada cinta diri individu –yang gadalah cinta yang murni. Aku, pada dasarnya adalah esensi saya, dan saya adalah cinta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar