Di antara hadis-hadis
palsu yang diproduksi para sukarelawan dan pendekar pemalsuan yang menyambut
dengan antusias kebijakan Mu’awiyah yang memerintahkan memproduksi hadis keutamaan
pesaing-pesaing Imam Ali as adalah hadis palsu di bawah ini:
Diriwayatkan
dari Ibnu Abbas bahwa Nabi saww bersabda:
ما في الجَنَّةِ شَجَرَةٌ إلاَّ مَكْتُوبٌ عَلىَ كلِّ وَرَقَةٍ مِنها: لا إله إلا الله ، مُحَمَّدٌ رسولُ الله ، أبو بكر الصِّدِّيْقُ ، عُمَرُ الفَارُوْقُ ، عُثْمانُ ذُو النُّورَيْنِ.
Tiada pohon di surga
kecuali tertulis di setiap daunnya, Tiada tuhan selain Allah, Muhammad adalah
utusan Allah, Abu bakar Shiddiq, Umar faruq (pemisah antara haq dan batil) dan
Utsman adalah pemilik dua cahaya.
Bukti-bukti kebatilan dan
kebohongan hadis ini cukup jelas untuk dibicarakan di sini. Namun kami tidak
akan membuktikannya kecuali dari penegasan para ulama Ahli Hadis Ahlusunnah
sendiri, demi menjaga kenetralan dan etika berdiskusi secara sehat. Karenanya akan
disebutkan komentar pakar hadis Ahlusunnah.
Riwayat ini adalah hadis
palsu yang dipalsukan oleh Ali ibn Jumail ar Raqiy, diriwayatkan ath Thabarani
dan ia berkata:
موضوع وعلي ابن جميل وضاع، وقد تفرد به وسرقه منه معروف بن أبي معروف البلخي، وعبد العزيز بن عمرو الخراساني رجل مجهول.
Ini adalah hadis
mawdhû’ (palsu), dan Ali ibn Jumail adalah pemalsu berat. Ia telah menyendiri
dalam meriwayatkannya dan kemudian dicuri oleh Ma’ruf ibn Abi ma’ruf al balakhi
dan AbdulAziz ibn Amr al Khurasani, seorang perawi tak dikenal identitasnya.
Hadis ini juga
diriwayatkan oleh Abu Nu’aim dari jalur Ali ibn Jumail. Dan diriwayakan juga
oleh al Khatli dalam kitab ad Dîbâj dari jalur Abdul Aziz ibn Amr al Khurasani.
Seperti dikatakan adz Dzahabi dalam kitab Mizân-nya,2/138:
عبد العزيز فيه جهالة والخبر باطل فهو الآفة فيه.
“Abdul Azizi tidak
dikenalan, hadis ini adalah batil, dialah (Abdul Aziz) adalah penyakitnya”.
Hadis ini juga
diriwayatkan oleh Ibnu Adiy dari jalur ma’ruf al balkhi. Adz Dzahabi dalam
Mîzân:3/184, berkata tentangnya:
Hadis ini adalah palsu,
tetapi ia dikenal dari riwayat Ali ibn Jumail dari Jarir, ia bersumpah seraya
bersumpah, “Demi Allah, jarir menyampaikan hadis kepadaku. Ibnu Adiy
berkomentar, “Ma’ruf ini tidak dikenal, bisa jadi ia mencurinya dari Ali ibn
Jumial.
Ia juga diriwayatkan Abul
Qâsim ibn basyrân dalam Âmâli-nya dari jalur Muhammad ibn Abdi ibn Amir
as Samarqandi, ia adalah seorang pembohong besar dari Isham ibn Yusuf. Ibnu
Adiy berkata, : Ia meriwayatkan yang tidak pernah didukung parawi lain.
Hadis ini juga diriwayatkn
al Khathib al Baghdadi dalam Târîkh-nya:5/4 dan 7/337 dari jalur Hasan
ibn Ibrahim al Ihthiyâthi dari Ali ibn Jumali.
Adz Dzahabi berkata dalam Mîzân-nya:1/253
setelah menyebutkan jalur di atas:
هذا باطل والمتهم به حسين الاحتياطي
“Ini adalah batil. Yang
tertuduh pemalsu adalah Hasan al Ihthiyâthi.
Dan dalam 3/184, ia
menegaskan:
إنه موضوع.
“Ia adalah palsu, mawdhû’.
“
Ibnu Katsir juga
meriwayatkannya dalam Târîkh-nya:7/205 dari jalur ath Thabarani, dan
setelahnya mengatakan:
إنه حديث ضعيف في إسناده من تكلم فيه ولا يخلو من نكارة.
Ini adalah hadis dhaif,
pada sanadnya terdapat perawi yang masih diperbincangkan dan ia hadis yang
terdapat kemunkaran di dalamnya.
Ibnu Jakfari berkata: Adalah sikap aneh dari Ibnu Katsir yang menggolongkan
hadis palsu di atas sebagai hadis dha’if (lemah) semata, sementara ia sendiri
mengaku bahwa padanya terdapat nakârah! Ia pasti tau bahwa hadis seperti
itu tidak layak disebut sebagai hadis dhai’f dalam istilah Ahli Hadis,
padahal ia sendiri menggolongkan dirinya sebagai seorang dari mereka! Tapi yang
mengenal mentalitas Ibnu pasti tidak akan kaget dengannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar